Vaksin Gratis hingga Suku Bunga Rujukan BI Bikin Rupiah Menguat

Vaksin Gratis hingga Suku Bunga Rujukan BI Bikin Rupiah Menguat

VIVA   –  Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat, 18 Desember 2020. Rupiah masih bergerak di kisaran Rp14. 100 per dolar AS.

Di pasar spot, pada prakata perdagangan, rupiah bergerak di kelas Rp14. 105 per dolar GANDAR. Menguat dari level penutupan perniagaan kemarin di level Rp14. 107 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai sedang rupiah di level Rp14. 146. Menguat dari nilai tengah kemarin Rp14. 152.

Baca juga : IK CEPA Resmi Diteken, Perdagangan RI-Korea Selatan Semakin Bebas

Direktur PT  TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan, pelaku pasar keuangan menyambut positif  kabar baik dari Indonesia, seperti vaksinasi gratis hingga suku bunga contoh BI yang tetap rendah.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada seluruh jejeran kabinet dan pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi pada tahun taksiran 2021.

“Kabar tersebut disambut baik pelaku pasar, setidaknya pengeluaran masyarakat untuk vaksinasi menjadi nol, dan mampu dialihkan untuk konsumsi lainnya, ” tutur dia dikutip dari analisisnya hari ini.

Mengenai Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16-17 Desember 2020 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate  sebesar 3, 75 persen.

Lantaran luar negeri, sentimen positif dikatakannya berasal dari keputusan bank pokok Amerika Serikat (AS) untuk meneruskan mempertahankan suku bunga acuan di bawah 0, 25 persen pada waktu yang lama.

“Federal Reserve (The Fed) selalu berkomitmen menjaga kebijakan pelonggaran kuantitatif atau quantitative easing US$120 miliar mulai bulan untuk membanjiri pasar, ” ungkap dia.

Dengan berbagai perkembangan tersebut, mata kekayaan rupiah sepanjang hari ini diperkirakannya diperdagangkan menguat terbatas di level Rp14. 090-14. 130 per dolar AS. (art)