Tes Antibodi Efektif Deteksi COVID-19 Kalau Dipakai di Waktu Tepat

Tes Antibodi Efektif Deteksi COVID-19 Kalau Dipakai di Waktu Tepat

VIVA   –  Dari sebagian besar ulasan menerjang tes virus corona yang ada hingga saat in, sejumlah sarjana menemukan bahwa pengaturan waktu buat tes antibodi COVID-19 penting untuk mendeteksi infeksi pada pasien.

Para peneliti mempelajari semua bukti tes keakuratan yang ada untuk tes antibodi yang dipublikasi hingga akhir April. Dengan kebesaran data dari banyak studi, itu menunjukkan bahwa tes tersebut tak cukup akurat untuk memastikan apakah seseorang memiliki virus COVID-19 jika digunakan untuk dua minggu baru setelah gejala muncul

Dilansir dari laman Times of India , para-para peneliti menemukan bahwa tes-tes itu kemungkinan hanya berguna dalam membaca infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya jika digunakan sedikitnya 14 hari setelah hidup gejala. Tapi, studi itu membuktikan bahwa tes itu akan meninggalkan 1 dalam 10 kasus COVID-19.

Baca juga:   Kabar Baik, Sel Kekebalan Penyerang COVID-19 Berhasil Diindentifikasi

Namun, mereka berhati-hati atas ketergantungan dalam data ini, karena studinya kecil, dilaporkan secara buruk dan dilakukan pada kelompok pasien yang dipilih.

Para peneliti serupa takut keakuratan akan lebih hina saat tes digunakan dalam publik, karena tes sebagian besar dievaluasi dalam pasien yang dirawat dalam rumah sakit. Itu membuatnya tidak jelas apakah tes bisa membaca kadar antibodi yang lebih nista yang terkait dengan penyakit COVID-19 asimtomatik atau gejala lebih mudah.

Peningkatan jumlah kasus COVID-19 setiap hari yang kian cepat sangat membutuhkan peran kunci dalam deteksi pangkal melalui testing yang cepat jalan melalui antibody rapid test maupun RT-PCR test. Deteksi dini itu memungkinkan pemberian perawatan tepat periode, khususnya pada titik awal gempuran COVID-19, sebelum serangan dashyat terjadi terhadap paru-paru. Pada akhirnya, deteksi dini dan tepat waktu mau meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian.

Secara semangat solidaritas kebersamaan melawan COVID-19, kelompok RS Siloam bersama PT Link Net Tbk dengan brand First Media berkolaborasi memberikan sumbangan berupa 1. 000 rapid test kit kepada Pemkab Tangerang. Managing Director Siloam Hospitals Group dr. Grace Frelita dan Deputy CEO & Chief Operations Officer PT Link Net Tbk Victor Indajang menyerahkan donasi tersebut secara langsung kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, B. Bus., SE., M. Si.

“Kunci dari upaya melawan COVID-19 adalah testing dengan cepat, luas, dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi serta merawat pasien, serta dengan lekas melakukan kontak tracing untuk menyandarkan dan memutuskan rasio penularan. Jadinya juga lebih menjamin keselamatan serta keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah melempem dan fasilitas kesehatan, ” ujar dokter Grace dalam siaran pers.

Sementara itu, Ahmed Zaki mengatakan bahwa secara random setiap dua minggu sekali pihaknya aktif melakukan rapid test pada pasar-pasar tradisional guna memutus ikatan penyebaran COVID-19.
 
“Selain itu laboratorium RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing dengan mewujudkan empat mesin PCR melakukan testing 500 pasien per hari secara tujuan utama melakukan pengujian terhadap para dokter, perawat, dan praktisi medis di lapangan, ” tambah dokter Grace.