Sosok  Lodewijk, Pengganti Azis Syamsuddin Sebagai Wakil Ketua DPR

VIVA   –  Pengganti Azis Syamsuddin sebagai Pengantara Ketua DPR Bidang Kebijakan dan Keamanan, akhirnya formal diputuskan. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, mencanangkan nama Letnan Jenderal (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus, menggantikan Azis yang saat ini ditahan dan ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Manipulasi (KPK).

Lodewijk bukan nama baru di kepengurusan Partai Golkar. Pada era Ketum Setya Novanto, pensiunan jenderal bintang 3 ini diplot sebagai Pemangku Tugas Ketua DPD Golkar Lampung dan Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis serta Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sementara di DPR, Lodewijk berada di Komisi I yang membidangi pertahanan dan intelojen.  

“Lodewijk adalah purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Jenderal Bintang 3 dan (terpilih) mewakili Lampung pada periode 2019-2024, ” kata Kepala Umum Airlangga Hartarto, di Gedung DPR, Rabu 29 September 2021.

Sebelumnya Lodewijk juga pernah memegang posisi sebagai Komandan Koddiklat dalam TNI AD. “Beliau pula pernah di Kodam Jaya di tahun 2013, sesudah Koddiklat baru bergabung dengan Partai Golkar, ” ujarnya.

Jelas Airlangga, penunjukkan Lodewijk sebagai Pemangku Ketua DPR menggantikan Azis, sudah melakukan rapat pleno terbatas dan rapat pleno harian partai tersebut. Sehingga proses di internal Golkar juga sesuai dengan mekanisme.  

“Sama seperti yang disampaikan pokok Ketua DPR. Di DPR pun akan berjalan sebati degn mekanisme yang tersedia. Sesuai dengan mekanisme yang berlaku, kami telah berkonsultasi dengan seluruh senior Golongan Golkar di Dewan Pembimbing, Dewan Kehormatan dan selalu Dewan Pakar, ” sahih Airlangga.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, resmi mengajukan nama Sekjen Lodewijk Paulus jadi Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin. Airlangga dengan langsung menyampaikan surat aplikasi persetujuan Pengganti Antar Zaman atau PAW pimpinan DPR RI dari Partai Golkar.