sempat-doyong-tergerus-banjir-jembatan-benenai-di-ntt-ambruk-1

Sempat Doyong Tergerus Banjir, Jembatan Benenai di NTT Terjelabak

VIVA   –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir kembali menerjang Kabupaten Malaka di Nusa Tenggara Timur pada Minggu, 4 April 2021, pukul 08. 00 waktu setempat. Banjir dipicu oleh hujan intensitas tinggi hingga volume air Sungai Benenai meluap.  

Wilayah-wilayah yang terdampak yaitu dalam Kecamatan Malaka Tengah (Desa Naimana, Fahiluka, Kawalu, Railor, Bereliku), Kecamatan Malaka Barat (Desa Motaain, Oan Mane, Sukun, Fafoe, Lasaen, Umatoos, Rabasa, Rabasa Haerain, Loofoun, Maktihan, Naas, Motaulun), Kecamatan Weliman (Desa Forekmodok, Lamudur, Wederok dan Kleseleon), Kecamatan Wewiku (Desa Halibasar) dan Kecamatan Kobalima (Desa Lalekun Barat)   

Dampak banjir berupa ratusan rumah terendam dengan ketinggian air hingga 1, 5 meter. Tim Reaksi Lekas   BPBD Kabupaten Malaka telah turun ke tempat untuk melakukan pendataan, berkoordinasi dengan instansi terkait, & bersama tim gabungan melaksanakan evakuasi.  

Banjir serupa mengakibatkan Jembatan Benenai, yang menjadi penghubung kantor BPBD dengan Ibu Kota Kabupaten Malaka, ambruk.

Jembatan Benenai ambruk setelah diterjang banjir yang berlaku sejak beberapa hari lalu. Dalam video yang viral menampakkan derasnya arus Kali Benenai menghantam pondasi jembatan yang menyebabkan jembatan sakit. Transportasi warga menuju Ibu Kota Kabupaten Malaka terputus total.