revisi-uu-ite-pan-kalau-pemerintah-yang-usul-lebih-mudah-1

Perbaikan UU ITE, PAN: Kalau Pemerintah yang Usul Lebih Mudah

VIVA   –  Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan bahwa PAN mengapresiasi  Presiden Jokowi yang merespons  isu-isu aktual yang mencuat di klub. Khususnya,   persoalan yang tentang dengan penerapan  UU Informasi & Transaksi Elektronik (ITE).

Selama ini, kata Saleh, disinyalir ada banyak anggota masyarakat dengan dipidana dengan menggunakan pasal-pasal karet dalam UU tersebut. Menurut Taat, Pakar hukum sendiri juga sudah menyebut bahwa ada pasal longgar di dalam beleid itu jadi diperlukan revisi UU ITE  tersebut. Tidak hanya itu, aturan dengan diatur tersebut juga ternyata telah diatur di dalam KUHP atau memiliki substansi yang sama jadi dianggap tumpang tindih.

“Fraksi PAN tentu senang kalau pemerintah menginisiasi perubahan UU ITE tersebut. Biasanya, kalau pemerintah dengan mengusulkan, birokrasi pelaksanaannya lebih barangkali. Tidak berbelit. Apalagi, substansi perubahannya sudah jelas. Di DPR tentu tidak akan banyak dipersoalkan teristimewa, ” kata Saleh saat dikonfirmasi VIVA, Selasa 16 Februari 2021.