Minus Ronaldo, Portugal Bantai Swedia dalam UEFA Nations League

Minus Ronaldo, Portugal Bantai Swedia dalam UEFA Nations League

VIVA   –  Tuan rumah Portugal berhasil meraih kemenangan meyakinkan saat menjamu Swedia di UEFA Nations League, meski tanpa diperkuat oleh kabut bintang Crstiano Ronaldo. Bermain dalam Estadio Jose Alvalade, Kamis, 15 Oktober 2020, Portugal menang dengan skor 3-0 atas Swedia.  

Ronaldo tidak bisa bermain karena ia dinyatakan nyata terpapar virus corona COVID-19. Ronaldo kini sedang menjalani isolasi dalam Italia.  

Perlawanan baru berjalan dua menit, Portugal sudah mengancam gawang dari Swedia. Tendangan kaki kanan dari Diogo Jota masih melebar di bagian kiri, ia memanfaatkan umpan lantaran William Carvalho.  

Swedia giliran memperoleh peluang pada menit 13. Sepak terjang kaki kanan dari Carl Mikael Lustig hanya menghasilkan tendangan sudut saja.  

Lulus pertama bagi Portugal dicetak dalam menit 21. Umpan dari Diogo Jota berhasil diselesaikan oleh Bernardo Silva dengan tendangan keras bermalas-malasan kirinya. Bola kemudian bersarang pada sisi kiri gawang Swedia.  

Menit 35, Swedia mencoba untuk menyamakan kedudukan meniti Marcus Berg. Namun upayanya masih gagal karena tendangan memanfaatkan korban dari Carl Mikael Lustig hanya menyamping di sisi kanan gawang Portugal.  

Babak pertama kurang lantaran satu menit, Portugal menambah gol menjadi 2-0. Kali ini sasaran dari Joao Cancelo berhasil diselesaikan dengan apik oleh Diogo Jota.  

Timnas Swedia rayakan gol ke gawang Jerman

Baca juga:   Ronaldo Positif COVID-19, Pelatih Portugal: Ini Kerugian Besar

Babak kedua baru berlaku tiga menit, Swedia sudah mengancam gawang Portugal. Sundulan dari Marcus Berg masih bisa diselamatkan sebab kiper Portugal, Rui Patricio.  

Rui Patricio, kiper Portugal berhasil kembali menggagalkan jalan dari Swedia. Ia berhasil menepis tendangan dari Viktor Claesson dalam menit 55.  

Portugal semakin menjauh dengan skor 3-0, setelah Diogo Jota kembali membobol gawang Swedia yang dikawal oleh Robin Olsen pada menit 72. Tendangan kaki kanan dibanding Jota bersarang di sebalah kiri bawah dari gawang Swedia.  

Lagi-lagi peluang milik Swedia kandas oleh kiper Portugal, Rui Patricio di menit 84. Sundulan dari Alexander Isak lulus ditepis oleh Rui Patricio & hanya menghasilkan tendangan sudut saja.  

Tidak ada gol tambahan lagi hingga wasit meniup peluit panjang. Portugal berhasil meraih kemenangan 3-0.  

Sementara itu, tuan sendi Kroasia takluk dari tim tamu Prancis. Bermain di Stadion Maksimir, Kroasi kalah 1-2 dari Prancis.  

Prancis unggul lebih dahulu pada menit delapan lewat Antoine Griezmann. Menit 57, Kroasia membalas menjadi 1-1 menggunakan gol Nikola Vlasic.  

Kylian Mbappe memastikan kemenangan dari Prancis pada menit 79.  

Portugal serta Prancis pun sama-sama mengoleksi 10 poin dari empat laga. Dalam mana Portugal memimpin klasemen dalam League A Grup 3.  

Sedangkan Kroasia memiliki tiga poin berada di status tiga. Sedangkan juru kunci dipegang oleh Swedia dengan 0 poin.  

Susunan pemain:

Portugal: Rui Patricio; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; William Carvalho (Joao Moutinho 80′), Bruno Fernandes (Renato Sanches 88′), Danilo Pereira; Diego Jota (Rafa Silva 88′), Joao Felix (Daniel Podence 75′), Bernardo Silva (Andre Silva 75′)

Swedia : Robin Olsen; Pierre Bengtsson, Victor Nilsson Lindeloef, Pontus Jansson, Carl Mikael Lustig (Mattias Johansson 54′); Viktor Claesson, Albin Ekdal, Kristoffer Olsson, Dejan Kulusevski (Sebastian Larsson 88′); Robin Quaison (Alexander Isak 62′), Marcus Berg (Martin Olsson 88′)