Ledakan Pabrik Bioetanol di Mojokerto Diduga akibat Percikan Api Las

Ledakan Pabrik Bioetanol di Mojokerto Diduga akibat Percikan Api Las

VIVA   –  Kebakaran hebat di pabrik bioetanol PT Energi Argo Nusantara (Enero) dalam Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Senin, 10 Agustus 2020, diduga akibat kecelakaan kegiatan. Dalam insiden tersebut, satu orang dilaporkan tewas.

Kapolres Mojokerto AKBP Deddy Supriadi, mengutarakan,   Puslabfor Polda Jatim masih melakukan olah tempat kejadian mengenai untuk memastikan penyebab kebakaran & ledakan di pabrik PT Enero  itu. Berdasarkan dugaan awal, kebakaran terkait dengan aktivitas pekerjaan wujud tangki dan pemipaan pabrik.

Baca: Pabrik Bioetanol Meledak, Satu Orang Meninggal

Pihak pabrik sedang melakukan uji coba kapasitas tangki yang berisi bioetanol.   Saat bersamaan, di lokasi dengan saling berdekatan, juga sedang dikerjakan pekerjaan pengelasan pipa pabrik.

“Dugaan awal ledakan & kebakaran terjadi akibat adanya percikan api dari aktivitas pengelasan, ” kata Kapolres Mojokerto, AKBP Deddy Supriadi di tvOne , Selasa, 11 Agustus 2020.

Menurut kapolres, penjaga sudah melakukan interogasi kepada sejumlah pekerja yang sedang melakukan pendirian fisik dan pemipaan pabrik. Tetapi, untuk mengetahui penyebab pastinya memerlukan olah TKP yang lengkap dibanding Puslabfor Polri.  

“Namun dugaan depan kami, ada aktivitas pengelasan, percikan api yang mengenai tangki yang menampung bioetanol tersebut, ” ungkapnya.

Sementara itu, terkait buah kebakaran dan ledakan pabrik bioetanol kepada rumah-rumah warga yang berada di sekitar pabrik, kapolres memastikan aparatur desa bersama pihak perusahaan sedangkan mendata dampak kerugian yang dialami masyarakat. “Pihak perusahaan akan substitusi rugi akibat kerusakan yang berlaku, ” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat disertai kaum kali ledakan terjadi di sebuah pabrik bioetanol PT Energi Argo Nusantara (Enero) di Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Senin, 10 Agustus 2020, sekira memukul 15. 00 WIB. Satu orang dilaporkan tewas dalam kejadian itu.  

Selain objek meninggal dan luka, kebakaran itu juga menyebabkan sejumlah rumah warga di dekat pabrik rusak. (art)