Keterangan Anies Perpanjang PSBB Transisi Jakarta hingga 3 Januari

Keterangan Anies Perpanjang PSBB Transisi Jakarta hingga 3 Januari

VIVA   –  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Ibu Kota tiba 22 Desember hingga 3 Januari 2021. Anies menekankan, fokus Pemprov DKI pada perpanjangan PSBB transisi kali ini adalah lebih kepada mengendalikan mobilitas penduduk yang memiliki potensi lonjakan kasus.  

“Terlebih mobilitas penduduk balik ke Jakarta usai gelaran Pilkada serta periode ke depan, yaitu libur akhir tahun, ” prawacana Anies di Jakarta, Senin  21 Desember 2020.

Kasus di DKI Jakarta mulai tujuh November 2020 memang ada kecenderungan meningkat.   Beberapa kasus juga diidentifikasi akan meningkat dengan adanya masyarakat yang  berpergian ke asing DKI Jakarta selama cuti berhubungan natal dan tahun baru.

Berdasarkan Facebook Data for Good , pada tanggal 8 Desember 2020 (1 hari sebelum Pilkada) bahkan  ada pergerakan penduduk sejak dalam Jadebotabek ke luar Jadebotabek dan ini berimplikasi pada pergerakan kembali mereka ke Jabodetabek.

Hal itu juga dapat berlaku jika pada periode libur akhir tahun ini. Diprediksi kelompok tetap melakukan liburan dan berpotensi terjadi penularan.

“Mobilitas penduduk ini akan kami mengawasi dan dikendalikan agar tak terjadi penularan, baik orang dari sungguh ke Jakarta maupun sebaliknya, sehingga perlu bagi kita khususnya para keluarga di Jakarta untuk membekukan diri tidak melakukan aktivitas liburan ke luar rumah, terlebih keluar dari Jakarta, ” tegasnya.  

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta balik memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Luhur (PSBB) Masa Transisi menuju umum sehat, aman, dan produktif semasa 14 hari.

“Terhitung tanggal 7 Desember sampai dengan 21 Desember 2020 sebagai metode antisipasi terhadap lonjakan kasusCOVID-19, ” kata Anies Baswedan di Jakarta, Minggu, 6 Desember 2020 redup. (ren)