Kerawanan, China Pamer Pesawat Bomber Perdana di Muka Taiwan

Kerawanan, China Pamer Pesawat Bomber Perdana di Muka Taiwan

VIVA   –  Minggu ini Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dikabarkan telah unjuk kekuatan di muka Taiwan. China telah mengerahkan hampir separuh kekuatan bala tempurnya ke ujung selatan & utara Selat Taiwan.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) Kolonel Senior Zhang Chunhui berhelat, pengerahan pasukan militer China ke arah Taiwan merupakan kegiatan pelajaran militer yang bertujuan untuk membentengi kedaulatan wilayah Beijing.  

Ternyata ada yang memikat dalam pergerakan militer China dalam sekitar Laut China Selatan itu. Mililter China secara tiba-tiba menggunakan pesawat barunya, yaitu pesawat pengebom atau bomber H-6J di atas perairan Laut China Selatan.  

“Pasukan laut di Distrik Militer Daksina baru-baru ini melakukan banyak serbuan mendadak terhadap pembom H-6G, H-6J untuk berpartisipasi dalam latihan pada Laut China Selatan. Untuk mula-mula kalinya, H-6J menjadi perhatian publik, ” dikutip VIVA Militer daripada Bulgarian Military, Jum’at, 14 Agustus 2020.

Untuk diketahui, motor bomber H-6J China ini hendak menjadi kekuatan paling penting bagi Beijing untuk melindungi jalur miring pada jarak menengah. Pesawat bomber H-6 adalah pesawat militer dengan memiliki kemampuan melontarkan rudal daya besar, pesawat ini berlisensi daripada pembom jet Soviet Tu-16.

Kehadiran pesawat pengebom H-6J ini diyakini akan membuat gemetar kekuatan Amerika Serikat (AS) & sekutunya yang selama ini sering kali mengintimidasi militer China dalam perairan Laut China Selatan.  

Pra Bomber H-6J, China juga tahu merilis rudal balistik antarbenua terbarunya yang juga membuat Amerika gemetar. Rudal balistik antarbenua yang pas ditakuti AS itu adalah Dongfeng-41 (DF-41). Dengan demikian, kekuatan tentara China di mata internasional semakin diperhitungkan dengan kehadiran alutsista terbaru mereka itu.

Menyuarakan:   Gawat, Kapal Perang Prancis dan Fregate Yunani Hadang Turki