Ganja Ratusan Kilogram yang Disita BNN Disebut Dikendalikan dari Lapas

Ganja Ratusan Kilogram yang Disita BNN Disebut Dikendalikan dari Lapas

VIVA   –  Badan Narkotika Nasional (BNN) jadi menggagalkan upaya pengedaran narkoba jenis ganja. Sebanyak 404, 28  kilogram ganja yang disita pada Senin 10 Agustus 2020 di kawasan Jalan Pesona Metro,   Bekasi, Jawa Barat.

Ganja tersebut disita dari sebuah truk angkut. Dua orang diamankan serta ditahan, yakni EB selaku sopir dan FH  kernet. Barang haram tersebut dikemas menjadi 401 bungkus.

Penangkapan bermula kala petugas mendapati informasi dari bangsa tentang ada praktik penyelundupan narkotika. Berdasarkan informasi itu, petugas mencurigai sebuah truk yang dikendarai sebab EB dan FH, hingga dikerjakan penggeledahan dan ditemukan ganja itu.

“Ganja tersebut diletakkan di bawah susun papan pada lantai truk yang kemudian ditimbun dengan pisang anom, ” kata Kepala BNN, Komjen  Heru Winarko, Kamis 13  Agustus 2020.

Siapa pengendalinya, lagi-lagi disebutkan kalau seseorang sebab dalam lembaga pemasyarakatan atau lapas. Heru mengatakan, hal itu berdasarkan kesaksian sopir dan kernet truk tersebut, yang mengaku menyelundupkan ganja karena mendapat perintah dari seseorang di balik lapas.

“Dua orang lain yang bekerja sebagai pengendali berinisial A sedang DPO dan I yang berkecukupan di Lapas Lampung, ” tutur  Heru.

Atas perbuatannya, keduanya dikenakan pencetus 144 ayat (2) juncto kausa 132 ayat (1) subsider perkara 111 ayat (2) juncto bab 132 ayat (1) Undang Bagian 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (art)