erick-thohir-tidak-mungkin-pangan-kita-tergantung-impor-1

Erick Thohir: Tidak Mungkin Pangan Kita Tergantung Impor

VIVA   –  Menteri BUMN Erick Thohir mendatangi Peace Village Yogyakarta yang berharta di Dusun Taraman, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Selasa, 31 Agustus 2021. Di kunjungannya ini, Erick disambut langsung oleh pemilik Peace Village, Zanubah Arifah Chafsoh alias Yenny Wahid, dayang mendiang mantan presiden Abdurrahman Wahid.  

Erick dan Yenny sempat membahas tentang ketahanan pangan Indonesia, di antaranya masalah impor daging. Peace Village sebagai inkubator peningkatan kapabilitas masyarakat desa, katanya, mampu lebih memanfaatkan potensi petani hingga peternak lokal jadi tidak mengandalkan impor untuk memenuhi pangan di Indonesia.  

“Kita tidak mungkin, dengan negara yang penduduk 270 juta, pangan kita tergantung impor—apakah di gula, di keturunan, dan lain-lainnya. Kita kudu bisa punya roadmap jangka panjang swasembada dan lupa satunya, saya rasa, warga, ” ujarnya.

Erick telah mencicipi daging sapi lokal hasil peternakan Peace Village yang, menurutnya, rasanya betul bersaing dengan sapi impor. Berdasarkan itu, dia menilai, sekarang tinggal keberpihakan pemerintah untuk mendukung dan mengembangkan peternakan sapi lokal.