Dekat 9 Tahun Menikah Siri, Rachel Maryam Ajukan Isbat Nikah

Dekat 9 Tahun Menikah Siri, Rachel Maryam Ajukan Isbat Nikah

VIVA   –  Artis sekaligus politikus, Rachel Maryam mengajukan permohonan isbat nikah ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Situasi tersebut bertujuan agar mendapat posisi pernikahan resmi dari negara. Diketahui, Rachel telah menikah siri dengan Edwin Aprihandono selama hampir 9 tahun.

Hal itu juga dijelaskan oleh Dody Haryanto selaku Kuasa Hukum Rachel Maryam. Doddy datang ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan bersama dengan muda kandung Rachel, Tobias Ginanjar Sayidina. Tobias dan satu orang yang lain datang untuk menjadi saksi di sidang isbat Rachel Maryam.

Dody menjelaskan bahwa tuntutan isbat nikah itu diajukan langsung oleh Rachel Maryam dan sang suami.

“Pada hari ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan bahwa persidangan yang diajukan permohonan kepala oleh Pak Edwin (suami Rachel) dan pemohon duanya Ibu Rachel Maryam yang dalam permohonannya mengajukan itsbat nikah, ” ujar Dody di Pengadilan Agama Jakarta Daksina, Senin, 3 Agustus 2020.

Pihak Rachel Maryam terang tidak menjelaskan secara detail terpaut alasan mengajukan isbat nikah tesebut. Namun hal itu dilakukan buat memenuhi aturan hukum yang benar. Rachel Maryam dan Edwin Aprihandono menikah pada 16 Desember 2011 lalu, dan baru mengajukan isbat nikah pada tahun 2020 itu.

Baca juga: Cari Rekan Kerja Terbaik, 5 Zodiak Ini Jawabannya

“Kalau masalah pernikahan bersandarkan informasi yang kami catat & kami ketahui selaku lawyer -nya bahwa pokok Rachel ini menikah pada 16 Desember 2011. Itu pernikahan pada tahun 2011 lah kemudian baru  2020 ini mengajukan permohonan penetapan, ” ucap Dody.

“Karena kalau saya lihat daripada permohonan ini adalah merupakan mulia syarat sebagaimana yang diamanahkan pada Undang nomor 1 tahun 1974 dan juga kompilasi hukum Islam itu secara tegas dikatakan di kompilasi hukum Islam pasal tujuh ayat 2 bahwa perkawinan siri itu dapat diajukan isbat untuk memberikan suatu kepastian hukum kepada pemohon. Jadi ada peluang dasar, ada alasan hukum yg membenarkan si pemohon ini mengajukan, ” tutur Dody menambahkan.

Tidak berhenti sampai di situ, Dody mengatakan bahwa Rachel mengajukan isbat nikah sebagai bentuk kesibukan positif dirinya sebagai seorang anggota dewan.

“Nah pula rujukannya ada kesesuaian dengan Undang nomor 1 tahun 1974 pada pasal 2 ayat 2, pada sana dikatakan secara tegas kalau perkawinan yang tidak tercatat diwajibkan untuk mencatat. Nah untuk mencantumkan ini tentunya mengajukan isbat pertalian karena ibu Rachel kita tahu semua beliau sebagai selebritis, beliau juga sebagai anggota dewan” introduksi Dody.

Dody membaca, aksi positif Rachel ini semoga bisa memberi pemahaman kepada klub bahwa perkawinan siri harus diresmikan secara negara agar dapat pengesahan dari negara.

“Sebagai anggota dewan tentu sangat pelajaran undang segala macam dia melakoni yah, kiranya ini menjadi suri tauladan juga bagi masyarakat bahwa perkawinan siri itu harus dilegalkan agar mendapatkan legal standing serta pengakuan dari negara. Jadi dengan dikabulkannya Ibu Rachel hari itu berarti beliau sudah tercatat pernikahannya dimata agama dan oleh negeri sudah diakui sangat sah sekadar, ” kata Dody.