Cepat Trump Tarik Pasukan Amerika lantaran Jerman, Rupanya Gara-gara Duit

Cepat Trump Tarik Pasukan Amerika lantaran Jerman, Rupanya Gara-gara Duit

VIVA   –  Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, sudah menyatakan akan segera menarik ribuan pasukannya dari Jerman. Pasca penarikan, sebesar pasukan akan ditempatkan di Polandia termasuk juga dengan gudang-gudang senjata nuklirnya.

Menurit laporan yang dikutip VIVA Militer dari RT. com , Trump mengatakan akan menarik 9. 500 pasukan Amerika dari Jerman. Pernyataan ini diucapkan Trump dalam depan Presiden Polandia, Andrzej Duda, yang tengah melakukan kunjungan ke Amerika.

“Kami bakal mengurangi pasukan kami di Jerman. Beberapa akan pulang dan beberapa lainnya akan pergi ke wadah lain, ” ujar Trump.

Trump menyebut bahwa beberapa tentara Amerika akan kembali ke pulang ke negaranya, dan beberapa lainnya akan ditempatkan di kurang negara lain.

Pernyataan ini senada dengan Menteri Asing Negeri AS, Mike Pompeo, dengan mengatakan Amerika akan mengirim pasukannya ke India.

Penarikan pasukan dari Jerman ternyata bukan tanpa sebab. Ternyata, Trump memutuskan hal ini lantaran pemerintah Jerman enggan menggelontorkan sokongan keamanan. Amerika menganggap Jerman telah tak mampu memenuhi jumlah yang ditetapkan AS.

Fakta lainnya ialah jawaban mengapa Jerman tak mau lagi menggelontorkan dana pertahanan yang disetor ke Amerika. Pasalnya, Amerika dikabarkan meminta 2 persen sebab anggaran pertahanan Jerman saat ini.

Menurut data World Socialist Web Site (WSWS), pada 2020 anggaran pertahanan Jerman memiliki taksiran pertahanan sebesar 45, 1 miliar Euro, atau setara dengan Rp717, 8 triliun. Jumlah ini terangkat dari yang tadinya sebesar 32, 4 miliar Euro, atau senilai dengan Rp516, 1 triliun.

Itu berarti, Amerika menetapkan biaya keamanan kepada Jerman sejumlah 901 juta Euro, atau seimbang dengan Rp14, 3 triliun.