4 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Ternyata Gak Baik Buat Kesehatan tubuh

4 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Ternyata Gak Baik Buat Kesehatan tubuh

VIVA   –  Kamar mandi merupakan satu diantara tempat paling kotor di panti. Untuk itu, menjaga kebersihannya secara teratur sangatlah penting. Apalagi pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, di mana kuman dan virus ‘bertebaran’ di mana-mana.  

Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada kurang kebiasaan yang sering kita kerjakan yang ternyata bisa membuat kita mudah jatuh sakit. Kebiasaan barang apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times of India .  

Main ponsel sambil duduk di toilet

Main ponsel sambil duduk di ruang adalah kebiasaan yang kotor. Daerah mandi kamu harus menjadi daerah bebas handphone. Ada banyak kuman yang dapat mendarat di bidang ponsel, dan akan menyebar ke luar kamar mandi.  

Tidak mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencegah sakit & menghilangkan kuman, serta virus pada tangan. Mencuci tangan dengan tak benar bisa membawa kuman keluar kamar mandi.  

Cuci tangan kamu dengan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik untuk menghilangkan semua kuman. Jika awak tidak dapat mengira-ngira, nyanyikan pembawaan Happy Birthday dua kali. Jangan ingat menggosok area bawah kuku, dengan juga menampung banyak kuman.  

Melewatkan hand sanitizer

Jika kamu sedang berada di sungguh dan tidak dapat menemukan bubuk, gunakan air untuk membersihkan tangan, kemudian lanjutkan dengan menggunakan hand sanitizer. Pembersih tangan instan ini dapat membantu menjaga tangan kamu terbebas dari kuman.  

Berbagi handuk buat seluruh keluarga

Tisu kertas di toilet umum sebenarnya jauh lebih baik dalam mengendalikan penyebaran kuman dibanding handuk kain yang kamu gunakan dalam rumah. Tetapi karena menggunakan tisu tidak ramah lingkungan, gantilah handuk tanganmu sesering mungkin. Handuk tangan harus sering diganti, terutama jika ada anak kecil di sendi.  

Menurut suatu penelitian yang diterbitkan dalam Mikrobiologi Terapan dan Lingkungan, pengering hawa di toilet umum juga tak higienis. Jadi, yang terbaik merupakan menyimpan hand sanitizer  di tasmu setiap saat.